Selasa, 23 Desember 2014

Arti Lambang TNI Angkatan Darat (AD)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (atau biasa disingkat TNI Angkatan Darat atau TNI-AD) adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di darat.

TNI Angkatan Darat dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 bersamaan dengan dibentuknya TNI yang pada awal berdirinya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

TNI Angkatan Darat dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD). KASAD saat ini dijabat oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Kekuatan TNI-AD saat ini terdiri dari 2 komando utama (kotama) tempur yaitu Kostrad, dan Kopassus. Di wilayah TNI-AD memiliki 13 Komando Daerah Militer, 44 Komando Resort Militer yang masing-masing wilayah memiliki satuan tempur tersendiri. Selain komando utama tempur, TNI-AD juga memiliki komando utama pendidikan yang mendidik para perwira dan calon perwira di Akademi Militer, Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan dan doktrin yaitu Kodiklat.

Penjelasan Arti Lambang TNI AD
Pada lambang TNI AD terdapat tulisan KARTIKA EKA PAKSI. KARTIKA adalah Bintang  |  EKA adalah Satu  |  PAKSI adalah Burung

KARTIKA EKA PAKSI berasal dari bahasa sansekerta yang berarti burung gagah perkasa tanpa tanding menjunjung cita-cita tinggi,TNI Angkatan Darat yang kuat senantiasa menjunjung cita-cita yang tinggi, yaitu keluhuran nusa dan bangsa serta keprajuritan sejati.

ARTI DAN MAKNA :
  1. GARUDA. Memiliki makna sebagai kekuatan dan kesanggupan mencapai cita-cita sebagai prajurit.
  2. 10 HELAI BULU SAYAP. Memiliki makna sebagai Bulan Oktober sebagai bulan bersejarah bagi keberadaan TNI Angkatan Darat.
  3. 7 BULU PADA EKOR. Memiliki makna sebagai Sapta Marga.
  4. BINTANG SUDUT LIMA. Memiliki makna sebagai kesejatian dan tujuan tertinggi yaitu keprajuritan sejati yang dijiwai oleh Pancasila sebagai dasar negara serta falsafah hidup bangsa.
  5. KOMBINASI GAMBAR BINTANG SUDUT LIMA DAN GARUDA. Memiliki makna sebagai kesanggupan, kerelaan, dan ketetapan hati setiap prajurit Indonesia untuk mempertahankan tanah air sampai titik darah penghabisan.
Tampilan Website TNI AD (http://www.tniad.mil.id/)

Sumber : http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/pengetahuan/militer/arti-dan-makna-lambang-tni-ad-tni-au-dan-tni-al/