Rabu, 24 Desember 2014

Arti Lambang PERUM PERHUTANI

Perum Perhutani adalah Badan Usaha Milik Negara di Indonesia yang memiliki tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan perencanaan, pengurusan, pengusahaan dan perlindungan hutan di wilayah kerjanya.

Sebagai BUMN, Perum Perhutani mengusahakan pelayanan bagi kemanfaatan umum dan sekaligus memupuk keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan.

Perum Perhutani didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1972, kemudian diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 1978 seterusnya keberadaan dan usaha-usahanya ditetapkan kembali berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 1986 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2003.

Saat ini dasar hukum yang mengatur Perum Perhutani adalah Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2010.

Wilayah kerja Perum Perhutani meliputi seluruh Kawasan Hutan Negara yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Banten, kecuali kawasan hutan konservasi. Total wilayah hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani sebesar 2.566.889 ha, terdiri atas Hutan Produksi seluas 1.454.176 ha (57%), Hutan Produksi Terbatas seluas 428.795 ha (16%) dan Hutan Lindung seluas 683.889 ha.

Makna Lambang PERUM PERHUTANI

"Menurut Administratur (Adm) setempat Budi Shohibuddin didampingi Kaur Humas Heri Sudrajat, logo baru berwarna Jingga Menyala pada brand identity ini muncul sebagai inti yang memberi energi pada seluruh elemen yang ada di sekitarnya. Semua elemen tersebut disatukan dalam energi tersebut dan menjadi suatu aliran semangat yang akan membawa Perum Perhutani dan segenap karyawannya untuk melesat ke masa depan mengarungi gelombang transformasi."
  • 17 lingkaran yang berwarna warni menggambarkan semangat transformasi yang terus menerus dilakukan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan masa kini, mengacu kepada pendekatan dasar dari Perum Perhutani yaitu People, Planet dan Profit.
  • Intinya kata Budi, 17 Lingkaran berwarna-warni di dalam lengkungan panah melambangkan kesiapan dan kemampuan Perum Perhutani untuk mengelola hutan secara lestari dan berkesinambungan.
  • Lingkaran biru, hijau dan jingga yang membentuk “Bintang Manusia” melambangkan setiap jajaran di Perum Perhutani yang secara professional bekerja bersama dengan penuh semangat mencapai tujuan perusahaan. 
  • Lengkungan panah Jingga Menyala yang mengarah ke atas melambangkan komitmen dan semangat se1uruh jajaran Perum Perhutani untuk melakukan transformasi dan pebaikan terus menerus demi mencapai visi perusahaan.
  • Makna warna jingga menyala melambangkan core atau inti yang memberi energi pada seluruh elemen yang ada di sekitarnya.Semua elemen tersebut disatukan dalam energi tersebut dan menjadi suatu aliran semangat yang akan membawa Perum Perhutani dan segenap karyawannya untuk melesat ke masa depan mengarungi gelombang transformasi. warna hijau melambangkan sebuah ekosistem yang hidup yang menyangga tatanan kehidupan sebagai suatu sistem penyangga kehidupan me1alui pengelolaan lingkungan dan manajemen hutan yang berkesinambungan, bertanggungjawab,dan lestari.

  • Warna kuning melambangkan panen raya yang memberikan hasil bumi yang berlimpah untuk kesejahteraan rakyat, baik berupa pangan maupun pakan. 
  • Warna biru menggambarkan kemurnian air yang mengalir di dalam hutan, memberikan kehidupan pada semua yang dilaluinya, yang mampu menghidupkan energi dan memberikan energi yang menghidupkan.
  • Warna coklat kayu pada tulisan “Perhutani” mewakili bumi dan se1uruh sumber daya alam di atas dan di bawahnya.
Logo Lama PERUM PERHUTANI

Sumber :
http://perumperhutani.com/2011/04/perhutani-ganti-logo-baru-jingga-menyala/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perhutani